Share on :

Kamis, 16 Agustus 2012

270 juta saham Facebook akan dibebaskan

 
Baca santai tapi serius yaaa
NEW YORK - pasca-IPO kehidupan Facebook telah berbatu, dan pada hari Kamis akan menghadapi salah satu saat yang paling sulit bagi perusahaan yang baru publik: hari pertama bahwa beberapa orang dalam yang diizinkan untuk membuang saham.

Seperti banyak penawaran umum perdana, Facebook 18 Mei debutnya termasuk "penjara" Kesepakatan yang memerlukan beberapa pemegang saham untuk mempertahankan saham mereka untuk jangka waktu tertentu. Ketika terkunci-sebuah perusahaan saham dibebaskan, saham biasanya tank, sejak jutaan banjir saham baru sekaligus.
Hari pertama perhitungan Facebook sini.
Orang dalam akan bebas menjual sekitar 271 juta saham pada hari Kamis. Sejak Facebook (FB) telah kehilangan hampir separuh nilainya sejak debutnya, beberapa mungkin melompat pada kesempatan.
Alasan di balik kemacetan, yang biasanya bertahan 90-180 hari, adalah untuk mencegah pasar dari yang dibanjiri dengan terlalu banyak saham perusahaan setelah IPO. Menjaga saham langka dapat membantu meningkatkan nilai mereka.
Perusahaan sesama Facebook baru Internet publik merasa sakit ketika kemacetan mereka berakhir. LinkedIn (LNKD) merosot sebanyak 7% pada hari kedaluwarsa penjara, dan Groupon (GRPN) turun 10% sampai mencapai titik terendah baru.
Kamis hanya yang pertama dalam serangkaian penutupan penjara untuk Facebook. Tidak biasa, sistem berjenjang berarti gelombang lebih beberapa akan datang, dan total 1,8 miliar saham bisa memukul pasar dalam sembilan bulan ke depan.
Ken Sena, seorang analis di Mitra Evercore, memperingatkan dalam sebuah catatan kepada klien bahwa tarik saham "kemungkinan ditarik keluar" karena jadwal yang terhuyung-huyung.
Namun S & P Modal IQ analis Scott Kessler mengabaikan keprihatinan, dan bahkan menaikkan peringkat nya di Facebook untuk "membeli" dari "hold", Selasa. "Kami tidak mengharapkan karyawan awal dan investor akan agresif penjual saham FB pada level saat ini," tulisnya dalam catatan kliennya.
Dump Facebook saham besar bisa datang pada pertengahan November. Saat itulah Facebook akan mengubah bentuk khusus dari unit stok terbatas, atau RSUs, yang diselenggarakan oleh sebagian besar stafnya menjadi saham yang sebenarnya dari sahamnya.
Karyawan Facebook akan berutang pajak tahun ini pada nilai saham tersebut. Seperti kebanyakan perusahaan yang RSUs masalah, Facebook menangani logistik atas nama karyawannya. (Para karyawan masih bertanggung jawab untuk memastikan tagihan pajak mereka sepenuhnya tertutup.)
Facebook berencana untuk menahan sebagian besar dari saham karyawan '- kira-kira 120 juta - dan menjualnya di pasar terbuka untuk menutupi tagihan pajak. Menjual saham begitu banyak sekaligus bisa palu harga saham perusahaan. Jadi Facebook memiliki Rencana B: Hal ini dapat menekan kredit garis dan cadangan kas untuk melunasi tagihan pajak tanpa mengeluarkan ekuitas.
Seorang wakil Facebook menolak berkomentar mengenai rute mana yang perusahaan berencana untuk mengambil.
Facebook telah hati-hati berbaris pilihan. Butuh keluar garis $ 3000000000 kredit khusus diperuntukkan untuk tagihan RSU terkait pajak potensial, dan itu saat ini duduk di $ 10 miliar tunai.
Pada harga saham saat ini Facebook, tagihan pajak akan total sekitar $ 2,6 miliar. Jika harga sahamnya terus menurun, RUU yang akan menyusut lebih lanjut.
Facebook tidak mendapatkan mosi percaya dari satu investor pekan lalu. Netflix (NFLX) CEO Reed Hastings, yang juga anggota dewan Facebook, diungkapkan kepada regulator bahwa dia baru saja membeli $ 1.000.000 saham senilai di jaringan sosial.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar